Sabtu, 05 Januari 2013

Pengertian WWW dan HTML

Pengertian WWW dan HTML
Pengertian WWW dan HTML
Pengertian WWW dan HTML - WWW dan HTML merupakan bagian dari teknologi Internet yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. WWW lebih banyak dikenal sebagal protokol standar dari Internet, sedangkan HTML adalah script atau program standar yang dijalankan oleh WWW atau Internet.
  1. WWW
  2. WWW adalah kependekan dari Worl Wide Web, atau lebih dikenal dengan nama web. Web merupakan sebuah layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang komputer tersebut terkoneksi / tersambung dengan jaringan Internet. Dengan web, kita dapat saling berinteraksi dengan pengguna internet lainnya tanpa harus beranjak dari tempat dimana kita mengakses internet. Melalui internet para pengguna jasa layanan internet dapat dengan mudah memperoleh sebuah informasi yang diinginkan, baik itu info mengenai aplikasi (software), Teknologi, pendidikan, politik, ekonomi, dll. 
    Pada awal pengembangannya, web merupakan suatu ruang yang dapat menampung informasi dalam jaringan internet pada sebuah browser, dengan menambahkan kemampuan dalam mengolah kode-kode tertentu yang secara umum dinamakan tag-tag (delimiter) dan kemampuan untuk dapat meloncar (link) dari satu halaman ke halaman lainnya. Kemudian kemampuan dari browser tersebut ditingkatkan sampai dengan pengolahan sebuah gambar, suara, animasi, bahkan kemampuan dalam pengelolaan sebuah database dari sebuah aplikasi berbasis web dengan bahasa pemograman atau script yang dapat dijalankan oleh Internet/Intranet, seperti ASP, PHP dan JSCript. 
    Pada perkembangan selanjutnya, web lebih banyak dikenal dengan nama Internet. karena kemampuan dari interface web yang dapat mengelola layanan-layanan yang terdapat dalam internet, seperti melakukan komunikasi di internet dengan istilah nama chatting, berkirim surat (e-Mail)dengan sahabat, relasi bisnis, saudara, dll., melakukan transaksi bisnis yang lebih dikenal dengan E-Commerce, layanan publik dari suatu Pemerintahan yang dikenal dengan nama E-Goverment, layanan pendidikan seperti E-Learning dan layanan perbankan dengan istilah nama E-Banking. Bahkan sampai saat ini perkembangan internet benar-benar berkembang pesat, selain melalui perangkat komputer tapi saat ini kita bisa mengakses jaringan internet melalui telepon selular (HP) baik itu hanya sekedar mencari informasi, chating dll, sama seperti kita melakukan di dalam perangkat komputer. Dengan menggunakan protokol jaringan berbasis Wireless atau dikenal dengan nama WAP melalui teknologi GPRS pada operator GSM maka kita bisa melakukan koneksi ke internet menggunakan telepon selular kita.
  • Browser Web
  • Browser web merupakan aplikasi yang digunakan untuk menampilkan informasi dari suatu halaman web yang tersimpan dalam komputer, Seperti : Internet Explorer, Google Chrome, Modzila Firefox, Comodo Dragon Internet Browser dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan Grafik User Interface (GUI), maka para pengguna internet dapat mudah mengakses informasi-informasi yang terdapat dalam internet.
  • Istilah dalam Web
  • Internet adalah kependekan dari International Networking, yang artinya jaringan komputer yang berskala global/internasional dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Intranet merupakan sebuah jaringan yang berskala kecil, hanya memiliki beberapa web server yang diperuntukan sebuah perusahaan atau organisasi sebagai sarana komunikasi. 
    TCP/IP adalah kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol artinya protokol yang terdiri dari sub-protokol, yang beroperasi pada lapisan yang berbeda. Ini merupakan protokol standar internet. Protokol ini memberikan nomor Unix pada setiap komputer yang terkoneksi. 
    URL adalah kependekan dari Uniform Resource Locators, artinya sebuah alamat di dalam internet yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah pengenal protokol dan bagian kedua adalah pengenal domain. 
    HTTP kependekan dari Hyper Text Transfer Protocol, artinya protokol yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana sebuah server dan client berinteraksi dalam mengirim dan menerima dokumen data. Protokol ini di desain untuk mentransfer berkas berisi hypertext seperti berkas yang berisi HTML yang di gunakan di WWW.
    FTP adalah kependekan dari File Transfer Protocol, artinya sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirim berkas di antara dua komputer. 
    Gophers adalah protokol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks, menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu.
    B. HTML
    HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language, merupakan tata cara penulisan yang digunakan dalam dokumen web. Dokumen HTML adalah sebuah dokumen teks murni yang dapat dibuat dengan editor web sembarang, seperti notepad. Dokumen ini akan dieksekusi oleh sebuah browser, sehingga browser mampu menghasilkan suatu dokumen yang sesuai dengan keinginan seorang designer atau programmer web. HTML merupakan salah satu varian dari SGML (Standar Generalized Markup Language), yaitu sebuah standarisasi untuk pertukaran dokumen secara elektronik yang telah ditetapkan oleh International Organization For Standardization (ISO). HTML sendiri secara formal diumumkan sebagai RFC (Request For Comments) pada tahun 1866. RFC adalah dokumen yang dikirim ke lembaga internet, yang berisi informasi atau usulan yang berhubungan dengan standar internet. Banyak sekali HTML editor yang tersedia untuk mempermudah dalam pembuatan web seperti Microsoft Front Page, Publisher, Dream Weaper, Ultra Edit dll.

Mudah-mudahan info yang singkat dan sangat sederhana ini bisa bermanfaat.

Terimakasih


Source

Sobat baru saja membaca artikel dengan kategori Info dan berjudul Pengertian WWW dan HTML. Sobat bisa share artikel ini dengan URL http://black2share.blogspot.com/2013/01/pengertian-www-dan-html.html. Terima kasih!

Artikel Terkait

Description: Pengertian WWW dan HTML Rating: 4.5 Reviewer: Black2Share ItemReviewed: Pengertian WWW dan HTML Black2Share Creativoltz Updated at: 13.43.00